Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Joel Sonbai Siap Bawa Perubahan Pelayanan di Kecamatan Polen

SOE, Flobamora-news.com – Bupati Timor Tengah Selatan melalui Asisten Administrasi Umum Setda  Agnes L. S. Fobia, S.Sos, M.Si. memimpin acara serah terima jabatan camat dari Plt. camat Polen sekaligus sekretaris camat Dominggus E. Boimau, S.AP kepada Joel A. A. Sonbai, S.H, M.Hum. pada, Kamis 12 Januari 2023 di Aula Kantor Kecamatan Polen.

Camat merupakan sebuah jabatan yang cukup penting dimana selain mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pemerintahan umum sesuai peraturan perundang-undangan, maka camat juga menjalankan kewenangan sebagai perpanjangan tangan dari Bupati untuk menjalankan roda pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di tingkat kecamatan. Oleh karena itu camat harus dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta kewenangan yang dilaksankannya sehingga penyelenggaraan tugas umum pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan serta pelayanan kemasayarakatan diwilayah kecamatan dapat dilaksanakan secara ekfektif demikian sambutan Bupati Timor Tengah Selatan melalui Asisten administrasi umum setda kabupaten timor tengah selatan Agnes L. S. Fobia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Lebih lanjut dikatakan bahwa seorang camat harus mampu memahami dan menguasai serta mengambil langka-langka strategis untuk pemecahan setiap persaoalan yang ada ditingkat kecamatan dengan tidak membedah-bedahkan. Camat juga dituntut memiliki sikap dan sifat seorang pemimpin serta kemampuan lebih dalam menghadapi berbagai persoalan yang lebih luas. Seperti bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan, irigasi, ketenagakerjaan, lingkungan hidup, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, ketentaraman dan ketertiban, pemberdayaan lembaga sosial kemasayarakatan dan persoalan lainya.

Bupati juga mengharapkan agar camat yang baru dilantik harus melaksanakan tugas dan bertanggungjawab dalam setiap pekerjaannya harus dilaksanakan dengan tulus dan iklas. Memiliki kerendahan hati dan dapat bekerja sama dengan berbagai pihak sebagai kelompok stakeholder. Apapun persoalannya akan dapat diselesaikan dengan baik bahkan sasaran dan tujuan pembangunan pemerintah daerah dapat dilaksanakan secara tuntas dan mempunyai dampak yang postif bagi masyarakat.

Baca Juga :  Wakil Bupati Konay Mengalami Kecelakaan, Sekda Sipa: Kondisinya Dalam Keadaan Aman

Tugas yang harus segera dilaksanakan dan menjadi perioritas saat ini. Hasilnya akan menjadi bahan evaluasi terhadap kinerja camat untuk 100 hari ke depan. Diataranya adalah koordinasi dan fasilitasi penyelesaian laporan keuangan kecamatan, pencaiaran dana desa minimal 1 desa pada bulan jaunari serta koordinasi, fasilitasi pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan instruksi bupati tentang peningkatan produksi dan produktifitas tanaman jagung dalam rangka menghadapi krisis pangan.