Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kadis PMD Mengapresiasi Kepala Desa Saenam Eduard Tualaka

SOE , Flobamora-news.com – Pemerintah Desa Saenam Kecamatan Nunkolo Kabupaten Timor Tengah Selatan provinsi Nusa tenggara timur rabu membentuk forum group diskusi (FGD). Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor desa pada, Rabu (29/3/2023).

Menurut Kepala Desa Eduard Tualaka, S.H. bahwa forum tersebut dibentuk saat rapat bersama Kepala Dinas PMD guna saling berbagi pengalaman dan informasi terhadap strategi ketahanan pangan masyarakat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Dengan terbentuknya forum tersebut di mana  kami telah melakukan diskusi dengan Dinas PMD guna saling berbagi strategi ketahanan pangan masyarakat dengan thema: “Pangan Cukup Rakyat Kuat dan Sejahtera”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas PMD Christ Tlonaen, Kabid Pemdes Marson Nenoliu, Kabid Adihence Henuk, Camat Nunkolo Augustinus Neonane, Danposramil Agustinus B. dan Kapospol Yemrif Awang.

Dalam rapat tersebut Kades Eduard Tualaka menjelaskan secara garis besar tentang keadaan wilayah Desa Saenam dengan 325 KK dan 1328 jiwa yang mana sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani lahan kering.

Terkait rawan pangan, tidak mempengaruhi masyarakat Saenam karna pihaknya punya strategi kandangan ternak sehingga masyarakat bekerja kebun dengan aman.

“Tahun ini kami tidak ragu karena pangan tersedia. Kebijakan pemerintah untuk setiap desa cukup pangan tidak membebani kami karna stok pangan aman”, tegas Eduard.

“Untuk Desa Saenam, lahan yang ditanam sekitar 22 hektar dan sudah panen namun belum bisa perkirakan hasil namun sangat cukup untuk masyarakat. Hasil tersebut akan dibagi kepada 48 KK yang kekurangan pangan karena rata rata terdiri dari lansia”, jelasnya.

Baca Juga :  Sempat Tertunda, Sembilan Kepala Desa Terpilih di TTS Akan Dilantik Minggu Depan