Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Aba Anie: Melalui Proses Panjang, Akhirnya IKAP TTS Dikukuhkan

SOE, Flobamora-news.com – Melalui suatu proses yang panjang akhirnya Badan Pengurus Ikatan Keluarga Alor Pantar (IKAP) TTS Periode 2022-2026 dikukuhkan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Aba Anie pada saat pengukuhan yang berlangsung  di GOR Nekmese Soe, Kexamatan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan, provinsi Nusa tenggara timur (NTT) Sabtu (06/08/2022).

Hadir dalam acara tersebut Ketua Ikatan Keluarga Kepulauan Alor (IKKA) NTT, Robert Jimi Lambila, SH, M.H, Gubernur NTT yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi NTT Samuel Halundaka, Wakil Ketua DPRD NTT Ince Sayuna, Sesepuh Alor, Mantan Bupati Alor Ir. Ansgerius Takalapeta, Mantan Wakil Bupati Alor Drs. Abraham Maulaka, Mantan Bupati TTS Ir. Paul V. R Mella, M. Si, Wakil Bupati Alor Imran Diri, S. Pd, M. Pd, Bupati TTS Egusem Pieter Tahun, Dandim 1621/TTS Letkol. Arm Roni Hermawan S.H, M.M, Sekda TTS Seperius Sipa, M.Si, Ketua Komisi IV DPRD TTS Dr. Marten Tualaka, S.H, M.Si, Anggota DPRD TTS Laurens Jehau, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab TTS, Rohaniawan, Badan Pengurus IKAP TTS serta undangan lainnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ketua IKAP TTS, Aba Anie, S.H, M.Si dalam sambutannya mengatakan setelah melewati proses yang panjang, akhirnya Badan Pengurus IKAP TTS periode 2022-2026 dapat dikukuhkan.

Aba juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta mendukung sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan tersebut Aba Anie berpesan kepada semua orang Alor di TTS untuk senantiasa mengingat akan pesan para leluhur agar kemanapun pergi dan merantau jangan lupa tanah leluhur, Alor Nusa Kenari.

“Pesan leluhur Pi’ Diail Ite Kakang Aring, Kuli Mati Mati Haki Tifang Lewo, ” ucap Aba Anie dengan dialek Alor

Baca Juga :  Takut Kalah Bertarung di Pilkades Calon Incumbent Desa Napi Cekal Bakal Calon Dina Nenabu

Aba Anie melanjutkan, generasi orang Alor di TTS juga diingatkan untuk terus melakukan sesuatu yang terbaik untuk daerah ini (tts-red) bukan sebagai pendatang tapi sebagai daerah sendiri dengan prinsip, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

” Ini menjadi semangat bagi kami untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai badan pengurus dan kami percaya bahwa leluhur atau pendahulu kami yang datang ke TTS telah menabur kebaikan di daerah ini. Sehingga kami yang datang kemudian diberikan tempat untuk menduduki berbagai jabatan didaerah ini, “ungkanya.

Ketua Ikatan Keluarga Kepulauan Alor (IKKA) NTT, Robert Jimi Lambila, SH, M.H dalam sambutannya mengatakan pengukuhan IKAP TTS merupakan momen yang luar biasa dan tentunya menjadi tantangan bagi badan pengurus yang telah dikukuhkan.

Oleh karena itu, Jimi Lambila berpesan agar melalui pengukuhan tersebut dapat membangun persaudaraan diantara orang Alor yang ada di TTS untuk saling membantu bukan saling menyakiti.

“Kita menjadi pengurus, kita telah merelakan sebagian hidup kita untuk kepentingan banyak orang. Teruslah meneladani apa yang telah ditinggalkan oleh leluhur,”ungkapnya

Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd, M.Pd pada kesempatan tersebut menyampaikan proficiat dan rasa bahagia atas pengukuhan IKAP TTS.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Alor, saya menyampaikan proficiat atas dikukuhkannya Badan Pengurus IKAP TTS ini,” katanya

Imran berharap melalui IKAP TTS kedepan, dapat melahirkan kader penggerak yang dapat berkontribusi melalui pemikiran dan fungsi kontrol bukan saja untuk kemajuan dan pembangunan di TTS tetapi juga Alor.

“Bekerjalah secara profesional dan selalu mendukung pemerintah agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, ” pesannya

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati TTS, Egusem Piter Tahun. Dirinya menyampaikan apresiasi atas dikukuhkannya badan pengurus IKAP TTS.

Baca Juga :  Tidak Hanya Mempolisikan Bupati TTS,  Tujuh Fraksi  DPRD Usulkan Hak Angket

” Ini adalah kebersamaan yang luar biasa dan memotivasi untuk terus bersinergi membangun Kab. TTS dan Alor, “ungkapnya

Sementara itu Gubernur NTT Viktor B Laiskodat yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi NTT, Samuel Halundaka mengatakan IKAP TTS merupakan representatif dari IKKA NTT. Oleh karena itu diharapkannya kedepan dapat melahirkan IKAP di Kabupaten lain di NTT.

Ia berpesan agar IKAP TTS yang telah dikukuhkan agar tidak hanya membangun TTS tetapi juga NTT, khususnya Alor, tanah leluhur.

Berikut Daftar Badan Pengurus IKAP TTS, Periode 2022-2026
Pelindung
Irjend. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.Ik, M. Hum
Bupati TTS
Bupati Alor
Wakil Bupati TTS
Ketua DPRD TTS

Penasehat
Ketua IKKA Kupang, NTT
Amos Kuang
L. I. Duka
Nixon G. L. Osing mahi, S. Sos, M. Hum
Kasmad D. Pandu
Yopich Magang, S. Sos
I. C. Wangsir