Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ria Tahun Targetkan RSP Kualin 2 Bulan Lagi Beroperasi

SOE, Flobamora-news.com –  Pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) Kualin hampir rampung. Ditargetkan dua bulan ke depan fasilitas kesehatan ini sudah dapat beroperasi untuk melayani kesehatan masyarakat kabupaten TTS. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan, dr. Ria Tahun saat meninjau progres pengerjaan Rumah sakit ini, Sabtu, 25 Maret 2023.

Turut mendampingi Kadis Kesehatan pada kesempatan ini, Kabid kesehatan masyarakat, Nahad S. E Baunsele, SKM, MPH.
“Kita targetkan dua bulan ke depan rumah sakit pratama Kualin sudah dapat beroperasi,” ungkap Ria.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Selamjutnya Ria menyampaikan bahwa tenaga kesehatan yang ditempatkan di sini nantinya sekitar 60 orang yang terdiri dari perawat, dokter, sanitarian, bidan, dokter gigi, lab dan analis.
Terkait tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di RSP Kualin, pihaknya akan menggunakan tenaga kesehatan yang sudah ada dan tersebar di puskesmas yang ada di TTS. “Tenaga kesehatan yang ditempatkan di sini akan diambil dari Puskesmas yang sudah ada. Untuk sementara tidak ada perekrutan tenaga,” jelasnya.
“Kita lengkapi supaya nanti izin operasional keluar. Selanjutnya kita daftarkan ke kementrian kesehatan. Saat nomor registrasi sudah keluar dan sudah mendapat tambahan anggaran baru kita pikirkan untuk penambahan tenaga kesehatan di sini,” ujarnya.
Dia menerangkan, fasilitas di RSP Kualin di antaranya: Poliklinik rawat jalan, Poli anak, poli umum, poli gigi, poli kandungan dan rawat inap.

“Untuk rawat inap ada 30 bed. Kemudian IGD ada 5 bed. Kita juga ada Kamar operasi, ada layanan jenazah, ada laboratorium, ada Farmasi dan juga ruang isolasi,” tuturnya.

Dia menyebut dana yang digunakan untuk membangun RSP Kualin mencapai 38 miliar rupiah.

Baca Juga :  dr.Evan Mella Himbau Masyarakat Jangan Malu Skrining PTM